Berita Terbaru

Infrastruktur

Kampus dan Ruang Kuliah
Program Magister, memiliki dua kampus dalam penyelenggaraan program belajar dan mengajar, yaitu:
1. Kampus Kenari (kampus A), Jl. Kenari No. 13, Jakarta Pusat
2. Kampus Salemba (kampus B dan C), Jl. Salemba Raya No. 53, Jakarta Pusat
3. Kampus Depok (Kampus D), Jl. Margonda Raya No. 100 Pondok Cina Depok


Lokasi kampus Pasca Sarjana yang berada dilokasi strategis mempermudah aksesbilitas dosen dan mahasiswa. Prasarana yang tersedia antara lain:

  • Ruang Auditorium
  • Ruang Kerja Dosen
  • Ruang Kelas
  • Ruang Kerja Mahasiswa
  • Perpustakaan
  • Ruang Penelitian
  • Ruang Rapat
  • Laboratotium Riset
  • Laboratorium Komputer
  • Laboratorium Bahasa

Prasarana penunjang lainnya :

  • Ruang makan staff dan dosen
  • Poliklinik
  • Tempat Ibadah
  • Lahan Parkir
  • Toilet

Perpustakaan
Perpustakaan Program Magister, ada di tiga lokasi yaitu
1. Perpustakaan Kampus A Kenari (Jl. Kenari No. 13 Jakarta Pusat)
2. Perpustakaan Kampus D (Jl. Margonda Raya No. 100, Depok)
3. Perpustakaan Kampus E (Jl. Akses Kelapa Dua, Depok).

Jurnal Ilmiah Elektronik yang disediakan dapat diakses melalui LAN.Komputer yang disediakan dapat diakses di laboratorium ataupun di perpustakaan dan dalam kondisi yang baik dapat digunakan secara stand alone ataupun akses jaringan (Intranet maupun Internet).

Sistem Informasi

Fasilitas Sistem Informasi yang mencakup perangkat keras dan perangkat lunak yang ada saat ini terdiri dari infrastrukutur perangkat komputer termasuk server, sistem jaringan komputer dan aplikasi yang mengintegrasikan berbagai kebutuhan baik akademik, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Sistem jaringan komputer Universitas Gunadarma terdiri dari intranet dan Internet. Jaringan tersebut menghubungkan berbagai lokasi kampus, agregrat bandwidth 1.4 Gbps dengan konfigurasi koneksi seperti tampak pada gambar berikut.

lan

Dengan sistem jaringan tersebut, setiap kampus dihubungkan oleh jaringan intranet dalam bentuk Virtual Private Network (VPN) melalui jaringan Metro Ethernet. Jaringan tersebut dikoneksikan melalui Backbone IIX (Indonesia Internet Exchange) sehingga kecepatan yang transfer data lebih efisien. Setiap lokasi kampus dilengkapi dengan sarana koneksi Wireless Fidelity (WiFi) dengan Access Point untuk koneksi ke jaringan Internet. Hal ini untuk mendukung sivitas akademika untuk dapat dengan mudah terkoneksi ke sistem jaringan. Dukungan sistem jaringan komputer dengan kapasitas bandwidth yang sangat memadai tersebut memungkinkan program studi untuk menyelenggarakan seminar yang bersifat teleconference.

Sistem Informasi yang tersedia terdiri perbagai aplikasi yang digunakan untuk menunjang sistem akademik dan penelitian. Aplikasi yang sekarang sudah dikembangkan adalah sebagai berikut

  1. Sistem Informasi Akademik Terpadu (UG Integrated Academic Information System) yang mengelola data dan informasi akademik yang mencakup data mahasiswa, proses pembelajaran, penilaian, dan informasi akademik lainnya (http://akademik.gunadarma.ac.id).
  2. Sistem Pembayaran akademik yang dilengkapi dengan sistem Host to Host yang terkoneksi dengan banking system.
  3. Website Program Magister yang mencakup 7 program studi yang menerapkan prinsip desentralisasi content updating dan kebijakan open content (http://pasca.gunadarma.ac.id)
  4. UG Paper Repository baik di tingkat universitas yang beralamat di htpp://repository.gunadarma.ac.id maupun di tingkat progam magister yang beralamat http://paper.pasca.gunadarma.ac.id.
  5. UG HRIS (Human Resources Information System) yang merupakan sistem informasi SDM di Universitas Gunadarma (http://hris.gunadarma.ac.id).
  6. UG Magister Library yang dilengkapi dengan online catalogue, digital library, e-book, e-journal, Indonesian Digital Library Network (IDLN).
  7. UG Student Digital Locker yang merupakan media informasi yang berisi jadwal kuliah, jadwal ujian, nilai, forum diskusi, blog, file tugas, dll yang dapat diakses oleh mahasiswa program magister dengan alamat http://student.pasca.gunadarma.ac.id.
  8. Student Portfolio System yang merupakan informasi umum tentang profil, aktivitas, dan prestasi mahasiswa yang dapat diakses oleh publik.
  9. UG Staff Digital Locker yang merupakan fasilitas untuk semua dosen program magister yang digunakan untuk mengakses semua informasi akademik, media komunikasi dengan dosen dan mahasiswa, mengisi official homepage, blog, dan fitur lainnya (https://nustaffsite.gunadarma.ac.id).
  10. UG Staffsite yaitu fasilitas front-end yang dapat diakses oleh publik mengenai profil dan aktivitas semua dosen di program magister (http://staffsite.gunadarma.ac.id)
  11. Website Pusat Studi yang mendukung sistem pembelajaran dan penelitian di program magister.
  12. Blog Community yang dapat dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa untuk mempublikasikan tulisannya (http://community.gunadarma.ac.id).
  13. UG Openstorage yang digunakan sebagai media penyimpanan dan berbagi progam aplikasi yang bersifat open source (http://openstorage.gunadarma.ac.id).
  14. UG Asset Management Information System yang digunakan untuk pengelolaan asset fisik, utamanya fasilitas teknologi informasi dan komunikasi.
  15. UG Helpdesk Online yang dapat dimanfaatkan untuk mengajukan keluhan dan tindak lanjut penangangannya oleh pengelola (http://helpdesk.gunadarma.ac.id).
  16. Perpustakaan, baik pusat (http://library.gunadarma.ac.id) maupun perpustakaan pascasarjana (http://library.gunadarma.ac.id/psug/).
  17. Sistem Pengelolaan Alumni (http://career.gunadarma.ac.id), dengan sistem ini dilakukan tracer study terhadap alumni