Berita Terbaru

Visi dan Misi

VISI PROGRAM STUDI

Pada tahun 2022 Program Studi Magister Teknik Elektro menjadi program studi magister yang unggul dibidang telekomunikasi, elektronika, dan teknologi informasi yang bereputasi internasional berbasis keunggulan dalam kegiatan tridharma perguruan tinggi yang holistik dan integratif dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa.

  • Bereputasi internasional  menunjukkan bahwa kinerja ProgramStudi Magister Teknik Elektro berorientasi global yang mencakup kemitraan global dan publikasi internasional dalam kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Holistik mencerminkan bahwa kegiatan tridharma dapat mendorong terbentuknya pola pikir yang komprehensif dan luas sesuai dengan bidang keilmuan Teknik Elektro yang bertitik berat pada bidang telekomunikasi, elektronika, dan teknologi informasidengan menginternalisasikan keunggulan dan kearifan baik lokal maupun nasional.
  • Integratif menunjukkan bahwa visi ProgramStudi Magister Teknik Elektro diraih melalui proses pendidikan dan proses pembelajaran yang terintegrasi melalui pendekatan antardisiplin dan multidisiplin.
  • Daya Saing Bangsa  menunjukkan bahwa visi Program Studi Magister Teknik Elektroharus mendukung daya saing nasional dan memperkuat jati diri bangsa sehingga mempunyai posisi kunci dan strategis dalam pergaulan internasional.

MISI PROGRAM STUDI

Misi Program Studi Magister Teknik ElektroUniversitas Gunadarma

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang telekomunikasi, elektronika, dan teknologi informasi, khususnya yang menunjang industri teknologi informasi dan komunikasi berbasis dan berbantuanteknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang berkualitas dalam upayameningkatkan daya saing bangsa.
  2. Menciptakan suasana akademik yang mendukung terselenggaranya kegiatan penelitian yang unggul bidang telekomunikasi, elektronika, dan teknologi informasi, khususnya yang menunjang industri teknologi informasi dan komunikasi yang layak publikasi, baik di tingkatnasional maupuninternasional, yang berpotensimemberikan kontribusi signifikan bagipengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dapat mendukung upaya peningkatankesejahteraan umat manusia.
  3. Menyelengarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu bentuk pengejawantahan tanggung jawab sosial institusi dalam upayapeningkatan kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat.
  4. Menjalin kerja sama kemitraan dengan pelbagai institusi baik di dalam maupun di luar negeri yang selaras dengan dan mendukung pencapaian visi dan misi institusi.
  5. Mengembangkan dan meningkatkan kualitas tata kelola institusi yang baik untuk merespon dan mengantisipasi beragam perubahan yang terjadi, baik di tataran lokal, regional, nasiona maupun global.

TUJUAN PROGRAM STUDI

  • Menghasilkan Master Teknik Elektro dalam bidang telekomunikasi, elektronika, dan teknologi informasiyang cerdas baik dalam aspek spiritual, intelektual maupun emosional, yang dicirikan dengan karakteristik sebagai berikut: (i) beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; (ii) memiliki kompetensi keilmuan yang relevan dengan bidang studi, berdaya saing tinggi, berdaya adaptasi tinggi, dan profesional; (iii) memiliki kemampuan dan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sesuai bidang keilmuan yang didalami; (iv) memiliki kemampuan dalam berkomunikasi, baik lisan maupun tertulis, dan bekerjasama dalam kelompok antardisiplin dan multidisiplin, serta memiliki jiwa wirausaha; (v) memiliki integritas, menjunjung tinggi etika profesi, dan mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan; serta (vi) peduli dan tanggap terhadap setiap perubahan yang terjadi dalam setiap aspek kehidupan, baik di lingkungan kerja maupun lingkungan masyarakat di mana mereka berada.
  • Menghasilkan karya penelitian yang berkualitas, baik di tingkat nasional maupun internasional, dan memiliki nilai publikasi yang tinggi, baik di tingkat nasional maupun internasional, sehingga mampu berkontribusi dalam upaya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang—pada giliranny—dapat meningkatkan daya saing bangsa.
  • Merancang dan melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bernilai aplikasi tinggi sehinggamampu berkontribusidalam mendukung beragam program pemberdayaan potensi masyarakat, penumbuhan partisipasi aktif masyarakat dalam menginventarisasi, mengidentifikasi, dan merumuskan masalah yang dihadapi serta menginventarisasi alternatif pemecahannyasertamemformulasikan dalam bentuk program peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  • Menjalinkerjasama dengan berbagai pihak/institusi yang relevandalam beragam bidang yang sesuai, baik ditataranlokal, regional, nasional maupun internasionalatau globalberdasarkan pada asas manfaat,kesetaraan,dan  timbal-balik atau resiprokaldalam rangkamendukung kegiatan dalam bidang pendidikandan pengajaran, penelitian,dan pengabdian kepada masyarakat.